5 Kiat Mengelola Website Klien Khusus Untuk Para Web Developer

Salah satu perantara untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis online adalah memiliki sebuah website. Namun, tidak semua pelaku usaha online memiliki keahlian maupun waktu untuk mengelola sebuah website.

Berdasarkan hal tersebut, sebagai web developer Anda memiliki kesempatan untuk menawarkan jasa kepada para pelaku usaha online tersebut. Mereka cenderung menyerahkan segala sesuatunya, mulai dari pembuatan hingga pengelolaan website kepada Anda.

Para klien menginginkan pelayanan yang terbaik termasuk keamanan website yang terjaga. Semakin banyak klien Anda yang puas, semakin banyak pula kesempatan mendapatkan klien-klien baru.

Berikut ini adalah 5 kiat mengelola website klien agar mereka merasa puas dengan kinerja Anda.

1. Menentukan layanan hosting yang paling tepat

Para pelaku usaha yang menggunakan jasa web developer berkeinginan agar website yang dimiliki cepat, mudah digunakan, terjamin keamanannya, dan memiliki banyak pengunjung.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Anda tidak hanya berkutat dengan koding saja. Anda harus menentukan layanan hosting yang paling tepat.

Bagi Anda yang ingin menawarkan fasilitas hosting kepada klien yang dimiliki, ardhosting bisa memberikan solusi. Solusi terbaik tersebut adalah paket Reseller Cloud NVMe Hosting Indonesia.

Anda bisa membuat produk hosting secara mandiri. Anda juga bisa mengatur setup sesuai dengan kebutuhan dari klien yang dimiliki.

Ardhosting termasuk salah satu penyedia paket Reseller Hosting Berbasis Cloud Terbaik di Indonesia. Kelebihan lain dari paket hosting yang ditawarkan oleh Ardhosting adalah tidak perlu melakukan instalasi server sendiri. Semua manajemen server dilakukan dan dikelola oleh tim dari Ardhosting.

2. Membackup Data secara Berkala

Sebagai pengelola website, Anda harus membackup data secara rutin. Back up data secara rutin diperlukan untuk menghindari hilangnya data dari website, memulihkan website ke kondisi semula apabila terjadi error saat proses update bermasalah, sebagai data cadangan saat website terserang virus, dan mengembalikan atau memulihkan kesalahan saat Anda melakukan kustomisasi.

3. Memastikan Website selalu Update

Kiat selanjutnya agar klien puas dengan website yang Anda kelola adalah memastikan selalu melakukan update pada website. Dengan update secara berkala, tingkat keamanan website akan terjaga dengan baik.

Selain keamanan terjaga, dengan update secara berkala, klien akan menemukan fitur-fitur baru yang muncul setelah proses update. Karena pentingnya update website secara rutin, Anda perlu membuat jadwal khusus agar website tidak lupa untuk di update.

4. Meningkatkan Keamanan Website

Salah satu ketakutan seorang web developer maupun pemilik website adalah saat website terserang malware atau virus.

Saat website diserang malware, sebagai web developer, Anda harus mengeluarkan waktu dan tenaga untuk memperbaikinya. Jika banyak website yang Anda kelola sering terkena malware, hal tersebut akan berimbas pada penurunan reputasi Anda sebagai web developer.

Anda bisa melakukan beberapa hal agar tingkat keamanan website tidak rendah. Mulai dari membatasi jumlah login attempt hingga mengaktifkan firewall.

Anda juga bisa meng-install plugin keamanan sebagai menambah tingkat keamanan website. Tidak kalah penting, Anda harus memilih layanan hosting yang memberikan jaminan keamanan tinggi seperti yang ditawarkan oleh Ardhosting seperti paket Reseller Cloud NVMe Hosting.

5. Menjaga Performa Website

Kiat terakhir agar klien puas dan tidak beralih ke web developer lain adalah menjaga performa dari website klien. Dengan performa website yang tinggi, klien akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Salah satu dari keuntungan tersebut adalah pengunjung website akan betah berlama-lama untuk berseluncur di website klien.

Nah, demikian tadi 5 kiat mengelola website yang bisa Anda terapkan agar klien merasa puas.